Firefox Akan Luncurkan Telephon Bimbit Dengan Harga RM150


Firefox Akan Luncurkan Telephon Bimbit Dengan Harga RM150 Mozilla dikabarkan akan kembali meluncurkan smartphone murah. Menurut Digitimes, CEO Mozilla Taiwan Gong Li mengatakan bahwa ponsel tersebut akan dibanderol dengan harga hanya US$50 atau sekitar RM150. Ponsel dengan OS Firefox ini akan diluncurkan di pasar India bulan ini.

Sampai saat ini Mozilla sudah menghadirkan ponsel Firefox di Amerika Latin dan Eropa bulan Juli 2013 silam. Menurut Gong Li ponsel-ponsel tersebut sudah terjual sekitar 1 juta unit.

Dalam pemasarannya, Mozilla selalu menggandeng operator setempat. Untuk wilayah India, Mozilla sudah bekerjasama dengan lebih dari 10 retailer. Gong berharap penjualannya di wilayah India bisa jauh lebih baik. Gong menargetkan smartphone Firefox mampu terjual hingga 10 juta unit hingga tahun depan.

Smartphone Firefox bisa murah karena Mozilla menggunakan solusi chip murah yang dikembangkan perusahaan yang berbasis di China, Spreadtrum Communications serta kerjasama dengan para ODM smartphone. Strategi ini sukses menurunkan ongkos produksi hingga US$25.

Saat ini sudah ada 10 produsen dan lebih dari 20 operator yang mendukung Firefox OS. Diantaranya adalah LG, Alcatel OneTouch, Huawei Device dan ZTE yang telah menghadirkan smartphone Firefox di 15 negara berbeda.

Perusahaan Foxconn Electronics dan VIA Technologies juga dikabarkan tengah mengembangkan tablet dengan OS Firefox. Sementara Panasonic berencana meluncurkan TV pintar berbasis platform Firefox.