Spesifikasi Android L dan Kelebihannya


Android L: Fitur Baru Yang Menjadi Kelebihan Utama – Google baru saja perkenalkan sistem operasi yang merupakan kelanjutan dari KitKat yakni Android L sampai berita ini diturunkan belum ada informasi keterangan pasti tentang nomor versi serta nama lengkap dari Android L ini, kemungkinan inilah HTC USA membuat sebuah kuis tebak-tebakan makanan buat followernya di twitter tentang penamaan android yang unik.

Fitur baru tersebut terdapat perubahan yang sangat menonjol serta kelebihan dari Android L dari versi sebelumnya.

    Desain material

Android L terdapat peruabahan visual yang lengkap bertujuan guna meningkatkan pengalaman di seluruh perangkat Android ukuran dan jenis termasuk status bar, dialer, dan aplikasi sistem bawaan dengan demkian akan terlihat lebih natural.

Pada Chrome menjadi browser standar Android L memberikan suasana desain yang baru sehingga lebih mudah pengguna untuk mengakses berbagai pilihan dan ketika melakukan scrolling akan lebih lancer, karena ada peningkatan kinerja dan peningkatan GUI rendering menjadi 60fps sehingga.

Pada identitas desain mengintegrasikan elemen desain web responsif dan akan meluas ke properti Google lainnya seperti pada termasuk Gmail, yang didesain ulang untuk Web serta aplikasi mobile.

    Pemberitahuan Peningkatan

Pada Android L pengguna dapat melihat notifikasi langsung dari tampilan lockscreen tanpa harus membuka kunci telepon, yang tampilan tersebut berdesain seperti kartu. Selain itu kalau mau langsung mengakses aplikasi maka akan muncul pada notifikasi cukup dengan cara men-tap dua kali dan kalau inggin menghilangkan notifikasi cukup men-swipe ke kanan.

Terdapat pula pop-up notification, yang mana setiap kali terdapat notifikasi baru akan muncul jendela pop-up, pengguna dapat langsung membaca atau juga membalas atau menjawab panggilan tanpa perlu keluar dari aplikasi yang sedang kita jalankan.

    Lingkungan Terpercaya atau personal Unlocking

Untuk layar kunci, Pengguna mendeteksi ketika itu dalam lingkungan yang terpercaya, yang akan membuang kode kunci, dengan dipicu terdapatnya perangkat Bluetooth yang smartwatch seperti yang dipakai sepanjang waktu, titik akses Wi-Fi tertentu, atau faktor lainnya. Tanpa harus direpotkan dengan membuka kunci telepon.

    Proyek Volta perbaikan sistem baterai

Android L akan mampu mengelola baterai sehingga dapat bertahan dan jauh lebih baik, fitur penghemat baterai dapat secara otomatis mengurangi beban kinerja CPU dan mengurangi tingkat kecerahan layar, dan juga akan mematikan jaringan pada smartphone. Hal ini terlihat pada Nexus 5 dengan hasil yang lebih baiak dan mampu memberikan tambahan waktu hingga 90 menit lebih lama.

    Google Fit

pesaing dari fitur HealtKit yang diperkenalkan oleh Apple untuk iOS 8. Google Fit akan mengumpulkan data mengenai melalui sensor yang ada pada smartphone, smartwatch dan perangkat wearable dengan mitra utama seperti Nike, Adidas, RunKeeper, HTC, Asus, LG dan Motorola. Google Fit dapat meninjau aktivitas fisik dan asupan makanan termasuk indikator kesehatan seperti denyut jantung dan pernapasan.

    ART Runtime dan Android Ekstensi Pack

Google menghadirkan runtime ART untuk pertama kalinya pada sistem operasi Android KitKat. Dan pada Android L runtime ART resmi menggantikan Dalvik. Google telah meningkatkan kemampuan ART lebih baik, sehingga secara otomatis kemampuan mendekati dua kali lebih cepat dan juga ART berarsitektur prosesor seperti ARM, x86 dan MIPS.

Selain itu ART mampu menghadirkan kinerja memori RAM jauh lebih baik serta untuk Android L sudah mampu berjalan dengan prosesor 64-bit yang mana untuk prosesor 64-bit memeberikan kemampauan dan peningkatkan kinerja keseluruhan pada sistem dan aplikasi.

    Android auto dan Knox

fitur penantang CarPlay dari Apple. Dengan fitur ini akan mentransmisi tampilan Android Auto pada layar yang ada di dashboard mobil pengguna. Tampilannya mirip dengan Google Now dan Android Wear, dan tentunya akan membantu navigasi dengan menggunakan GPS yang ada pada perangkat Android. Sealain itu juga pihak google pengumuman yang menunjukkan hal-hal menarik untuk pengguna enterprise yang mengumumkan bahwa fitur Samsung Knox bekerja dan pemisahan pribadi akan menjadi bagian dari Android, dengan Knox memungkinkan untuk sebuah perusahaan IT administrator dapat mengontrol data yang berhubungan dengan pekerjaan dan kebijakan dengan demikian dapat mengurangi banyak masalah sehingga untuk mengakses infromasi lebih aman dari perangkat mobile.